Rabu, 18 Juni 2014

Kisah Sukses Mark Zuckerberg, Penemu Facebook


Saat ini semua orang mengenal Facebook. Situs jejaring sosial yang bagitu fenomenal, penggunanya mencapai lebih dari 1 miliar orang di seluruh dunia.

Pendirinya adalah seorang pemuda Amerika bernama Mark Zuckerberg. Kekayaannya kini mencapai lebih dari 17 miliar dollar. Bagaimana kisahanya hingga mencapai kesuksesannya?

 

Kisah sukses Mark Zuckerberg 

Bernama lengkap  Mark Elliot Zuckerberg lahir di White Plains New York,14 Mei 1984. Sejak kecil ia sudah menyukai dunia pemrograman komputer. Pada usia yang ke 12, ia membuat sebuah program messaging sederhana untuk digunakan di kantor ayahnya yang seorang dokter gigi, agar resepsionis tidak perlu berteriak-teriak memanggil nama pasien. Ia juga beberapa kali kerap membuat game sederhana bersama teman sehobinya kala itu.

Saat kuliah, Mark membuat situs yang bernama Facemash. Situs ini merupakan situs kontak jodoh. Untuk keperluan website tersebut, ia membobol data-data mahasiswa di kampusnya, Harvard University. Namun akibatnya, ia diancam di DO oleh pihak kampus. Kemudian pihak kampus bersedia memaafkan mereka dengan catatan situs tersebut harus ditutup.

Walaupun Facemash harus ditutup, tapi ia tak berhenti sampai disitu. Kemudian ia membuat The Facebook yang merupakan cikal bakal Facebook saat ini. Pada saat itu, The Facebook dibuat hanya untuk kalangan mahasiswa Harvard saja. Dalam waktu hanya 2 minggu, Facebook digunakan oleh setengah dari jumlah mahasiswa Harvard. Kemudian tak berapa lama, Facebook digunakan hampir seluruh mahasiswa Harvard. Bahkan setelah itu, mahasiswa di kampus-kampus lain di seluruh Amerika pun menggunakanya. Dan pada tahun 2006 Facebook bisa digunakan siapa saja.

Beberapa tahun silam Facebook sempat mengguncangkan dunia kala menolak tawaran Yahoo! untuk membeli situs mereka senilai $1 Miliar. Mark Zuckerberg pun dinilai sangat bodoh karena melewatkan tawaran sebesar itu. Namun ternyata ia mampu membawa Facebook menandingi bahkan mengalahkan kepopuleran Yahoo!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar